Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN Juli 2024, Wapres Kapan?

SHARE  

Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana) Foto: Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan Istana Wakil Presiden direncanakan pada tahun ini. Ditargetkan proyek itu baru akan rampung pada tahun 2025 mendatang.

“Kalau istana wakil presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Kalau kantor presiden, istana presiden, Insya Allah sudah siap pada bulan Juli itu,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Baca: Jokowi Berkantor di IKN Juli, Istana Presiden Dipastikan Siap!



Basuki mengatakan istana wapres kemungkinan dibangun dalam waktu satu tahun. Sehingga jika dibangun pada Juni atau Juli tahun ini kemungkinan rampung pada Juli 2025. Artinya Wakil Presiden yang akan datang baru bisa berkantor di IKN pada tahun depan.

“Saya belum (tahu) informasi pastinya, mudah-mudahan Juni-Juli baru dibangun. (Targetnya) saya kira setahun,” tutur Basuki.

Ia pun menjelaskan pembangunan istana wapres baru dibangun pada tahun ini lantaran ada perubahan pada desain bangunan.

“Desainnya berubah, waktu lelang pertama kami dengan desain yang juara sayembara pertama. Namun, setelah dicek pak presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Nah itu nanti kita enggak tahu lelang ulang atau gak gitu lho,” katanya.

Seperti yang diketahui rencananya Presiden Jokowi juga mau berkantor di IKN pada Juli 2024 mendatang. Namun rencana ini baru dilakukan setelah ada penyelesaian Kantor dan Istana Presiden, akses air bersih, fasilitas tol, hingga bandara.

“Belum ada arahan terakhir dari beliau, tapi kalau kita lihat pada waktu kita di glamping terakhir beliau akan pindah kalau tol dan airport sudahhttps://kerasnya.com/ beroperasi,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*