Pangeran “Terbuang” Thailand Muncul, Minta Kembali Lagi ke Istana

SHARE  

Vacharaesorn Vivacharawongse leaves a religious ceremony at Yannawa temple in Bangkok, Thailand, Thursday, Aug. 10, 2023. The estranged son of Thailand's King Maha Vajiralongkorn has made his surprise return to the country after 27 years of living abroad. (AP Photo/Sakchai Lalit) Foto: Pangeran Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (AP/Sakchai Lalit)

Jakarta, CNBC Indonesia РPutra kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengatakan dirinya ingin kembali ke kerajaan secara permanen setelah tinggal di luar negeri selama lebih dari dua dekade. Keinginannya ini muncul dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Kamis, dikutip Jumat (22/3/2024).

Vacharaesorn Vivacharawongse dibesarkan di Amerika Serikat (AS) setelah orangtuanya bercerai pada tahun 1990-an. Agustus 2023, ia melakukan kunjungan tak terduga ke Thailand, di mana kunjungan tersebut diawasi ketat oleh media Thailand, tetapi belum ada komentar resmi dari pihak istana.

Baca: AS Tusuk Israel dari Belakang? Tiba-Tiba Buat Senjata Selamatkan Gaza

Kini setelah kembali ke negaranya, pria berusia 42 tahun itu mengatakan kepada Bangkok Post bahwa dirinya ingin kembali ke negaranya. Ia bersikeras bahwa dia “tidak punya cita-cita” sendiri.

“Tidak ada yang menyuruh saya datang. Saya tidak mewakili siapa pun,” katanya, seperti dikutip AFP.

“Saya tidak ingin bersaing untuk apa pun… Saya tidak punya sumber daya, tidak punya kekuatan,” katanya.

Baca: Maskapai Kini Takut Pakai Boeing? Airbus Menang 2 Tender Besar di Asia

“Saya tidak mempunyai aspirasi selain memberikan nilai dalam kapasitas saya sendiri,” ujarnya lagi.

Vacharaesorn adalah anak kedua dari empat bersaudara dari pernikahan kedua raja dengan mantan aktris Sujarinee Vivacharawongse. Dari keempat anak, tidak ada yang memegang gelar kerajaan resmi.

Dalam beberapa minggu terakhir, dia membagikan foto-foto Instagramnya saat mengunjungi sebuah kuil di kota utara Chiang Mai. Ia pun sempat bertemu dengan Dewan Pengacara Thailand.

Vacharaesorn juga mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa dia telah memperoleh paspor dan kartu identitas Thailand untuk tinggal permanen. Di AS selama ini, ia bekerja sebagai pengacara.

Raja Thailand diketahui memiliki tujuh anak dari empat pernikahannya. Namun hingga kini, ia belum secara resmi menunjuk ahli waris, meski aturan suksesi lebih mengutamakan anak laki-laki.

Putri sulungnya, Putri Bajrakitiyabha Mahidol, masih dirawat di rumah sakit setelah pingsan. Ia kehilangan kesadaran https://kerasnya.com/pada tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*